Budayakan Sholat Subuh di Masjid

Ironi Sholat Subuh

Ada seorang kawan yg menyetel alarm bangun tengah malam demi pertandingan Liga Champion, tetapi tidak pernah dilakukan untuk bangun shalat Subuh, gilanya lagi; banyak orang yang menyetel alarm jam 6 pagi, kenapa tidak jam 4 pagi ???

Ketika naik pesawat jam 6 pagi, apakah kita berusaha tiba di bandara 1 jam sebekumnya? Atau kita hanya pasrah karena tidak mungkin tiba 1 jam sebekumnya?

Ketika harus masuk kerja jam 8 pagi, apakah kita rela bangun lebih pagi agar bisa tiba tepat waktu di kantor? Apalagi bagi yg tempat tinggalnya jauh, mampukah kita bangun lebih pagi agar tdk terlambat? Atau anda akan selalu meminta izin kepada pimpinan setiap hari karena kondisi yg tdk memungkinkan untuk datang pagi-pagi?

Mengapa kita tidak berani minta izin kepada atasan kita padahal dia manusia biasa. Sementara kita begitu mudahnya “meminta izin” kpd Allah, yg telah menciptakan kita juga pimpinan kita, untuk terlambat mendirikan sholat Subuh?

Coba renungkan!!!!!
Kalau ada orang kaya yg berjanji memberikan uang Rp. 50 juta jika datang kerumahnya teoat jam 5 pagi, apakah kita akan mendatanginya? Atau apakah kita menolak hanya karena tdknbisa mengatur waktu bangun tidur? Sesungguhnya permasalahannya kembali pada kemauan, “Kita Mau atau Tidak?”.

Sholat Subuh itu sangat berat, buktinya jumlah shaf jamaah sholat Subuh biasanya jauh lebih sedikit dibandingkan shalat lainnya. Ini membuktikan bahwa shalat Subuh adalah UJIAN. Selain itu, sholat Subuh memiliki kriteria layaknya ujian, antara lain: pasti sulit tetapi tidak mustahil untuk dilakukan.

“Sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adakah shalat Isya’ dan shalat Subuh. Sekiranya mereka mengetahuinapa yg terkandung didalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dgn merangkak.” (HR, Al-Bukhari dan Muslim)

Shalat Subuh merupakan sumber dari segala sumber cahaya di hari Kiamat saat semua sumber cahaya di dunia akan padam.
“Berikanlah kabar gembirankpd orang2 yg banyak berjalan dalam kegelapan menuju masjid dgn cahaya yang sangat terang pada hari kiamat”. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Terdapat sholat sunnah yg lebih mulia dari dunia seisinya.
“Dua rakaat fajar (shalat sunnah sebelum subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya”. (HR. Muslim)

Tips Sholat Subuh:
1. Ikhlas
2. Tekad yang kuat
3. Berdo’a kepada Allah agar dibangunkan saat fajar
4. Bertemen dengan orang2 shalih yang mau membangunkan
5. Mengatur pola tidur
6. Tidak tidur dalam keadaan kekenyangan
7. Bel pengingat; alarm
8. Berdakwalah mengajak orang lain untuk sholat Subuh berjama’ah, agar diri terpacu untuk melakukan hal yang sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s