Ujian orang-orang Sholeh

Diantara tanda-2 terpenting keimanan dan gairah ialah sikap yg dimiliki orang berimanan ketika menghadapi kesukaran. Tanda lain yang menunjukan iman orang-orang beriman disaat-saat sulit ialah bahwa mereka tidak pernah menjadi lemah semangat.

Sebaiknya, ketika mereka yang menghadapi kesukaran, gairah mereka tumbuh, bahkan lebih besar lagi kerana orang tidak dapat mencapai surga, kecuali jika mereka telah teruji dengan kesulitan-kesulitan sebagaimana orang-orang dari generasi masa lalu. Manusia tidak akan masuk surga sebelum mendapat ujian seperti kaum-kaum terdahulu (QS Al-Baqarah, 2:214).

Oleh karena itu, orang beriman pasti akan menjumpai masalah-masalah, dan hal itu merupakan ketentuan agama. Dengan kata lain ujian-ujian ini menentukan sifat-sifat penting orang-orang beriman dan memberikan petunjuk bahwa meraka berada dijalan yang lurus.

Berperilaku sesuai dengan ayat Al-Qur’an saat menghadapi kesulitan, memjadikan seserorang diridhai oleh Allah. Karena itu, merupakan keinginan orang beriman untuk menghadapi kesulitan sebagaimana para Nabi, Sahabat-sahabat mereka, dan semua orang yang beriman yang pernah hidup sepanjang sejarah.

Dengan gairah dan kegembiraan mereka menunggu waktu ketika janji Allah dipenuhi. Diuji dengan kesulitan-kesulitan yang sama berarti bahwa mereka mengikuti jejak para Nabi. Tentu saja, mereka tidak mencari kesulitan, tetapi kesukaran yang mereka hadapi akan menambah gairah dan kekuatan mereka.

Mereka berharap akan memperoleh yang lebih baik sebagai imbalan bagi kesukaran karena mereka akan menjadi orang-orang yang tetap setia kepada Allah tanpa patah semangat dan akan berkata “inilah yang dijanjikan Allah dan RasulNya  an benerlah Allah dan RasulNya” (QS. Al-Azhab, 33:22)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s