Muhasabah, Haji Mabrur

Alhamdulillah, puji dan syukur kita ucapkan kehadirat Allah SWT, pada tahun ini sebagian dari saudara-saudara kita yang mampu bisa menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut. Semoga menjadi haji yang mabrur, haji yang diterima, sebagaimana sabda Nabi bahwa “…….. haji mabrur itu tidak ada balasan baginya kecuali surga”.

Disadari bahwa ibadah haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Oleh s ebab itu, ibadah itu pun merupakan kewajiban yang mesti ditunaikan oleh setiap muslim yang mampu. Namun, perintah untuk menunaikan ibadah haji sebagai suatu kewajiban belumlah bersifat final. Karena ternyata dalam firman Allah masih ada klausal yang membatasi kemutlakan perintah itu. Yakni pengaitan kewajiban itu dengan suatu aspek yang kemudaian dikenal dengan istita’ah (qudrah atau mampu) sebagaimana disebutkan dalam QS 3 : 97 “ …… kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu orang yang sanggup mengadakan perjalan Baitullah”.

Pelaksanaan ibadah haji juga sarat dengan muatan sosialnya. Ini dapat dipahami dengan adanya pelaksanaan wukuf di padang Arafah, pemakaian baju ihram yang sama sebagai pelepas segala macam bentuk topeng diri serta status social yang kita miliki. Sehingga ibadah haji bisa menjadi suatu ikatan kemanusiaan dan persaudaraan antara sesama manusia.

Atas dasar semagat social yang sangat besar dalam pelaksanaannya, maka sudah sepatutnyalah jika orang-orang yang sudah melaksanakan ibadah haji tingkat kepedulian dan kewajiban sosialnya menjadi lebih baik, seperti menjaga pendidikan anak-anaknya, membantu saudara-saudara yang terkena musibah, sikapnya menjadi lebih baik. Karena untuk mengukur apakah seseorang telah mencapai derajat mabrur dalam hajinya tergantung pada prilaku insaniahnya.

Mabrur dan tidaknya haji, bukan terletak pada berapa banyak ia bisa melaksanakan haji, tapi sejauh mana orang itu bertekad untuk dapat memperbaiki dirinya dan lingkungannya sesuai dengan tuntunan agama

Wallahu A’lam Bissawab

Ditulis oleh: Muhammad Faisal, M. Ag
Disadur ulang oleh: admin mjama-atulhuda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s